pilih sumur bor atau sumur gali ?

pilih sumur bor atau sumur gali

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor dan Sumur Gali
mau bikin sumur, dan bingung pilih sumur bor atau sumur gali, Saat kita mempunyai rumah baru pastilah kita membutuhkan yang namanya sumur,air juga bisa kita dapatkan dari sumber air PDAM atau membuat sumur. para jasa pembuat sumur biasanya menawarkan sumur gali apa membuat sumur bor,
membuat sumur bor yang relatif lebih cepat dan juga tidah membutuhkan ruangan yang besar, akan tetapi juga biaya nya agak lebih mahal dari pada pembuatan sumur timba atau gali, sumur galian juga banyak biayanya jika tanah yang di gali ada banyak batu nya, pekerjaan tersebut juga membutuhkan waktu yang juga relatif lebihlama untuk menyelesaikanya,apa yang menjadi kelebihan dan kekurangn antara sumur gali dan sumur bor?
Kita bahas masalah ini dari sumur gali terlebih dahulu,

Kelebihan dari sumur gali :
1.Diameter lubang Sumur lebih besar
semua juga sudah mengerti bahwa untuk sumur galian ini diameter lebih besar dari pada sumur bor, dan tentunya dengan diameter yang lebih besar ini  volume dari sumber air yang di hasilkan dari sumber sumur atau debit air lebih banyak secara otomatis kita membuat sumur gali tidak banyak membutuhkan sumur yang dalam.
2.cukup mudah untuk memperdalam sumur tersebut.
Dengan diameter yang tentu lebih besar dari pada sumur bor ini untuk memperdalam sumur dari sumur galian ini tidak juga begitu susah mendapatkanya, pada umum nya diameter dari sumur gali menggunakan buis beton 80 cm bila di perdalam bisa dapat di lakukan dengan cara menggalinya lagi sumur tersebut dengan diameter yang lebih kecil dari 80cm yaitu dengan berdiameter buis beton 60 cm.memperdalam sumur juga dapat dilakukan dengan cara dibor sumur tersebut.
3.Biaya untuk membuatnya lebih Murah.
untuk biaya peda umum nya lebih murah dari pada sumur bor karena menggunakan alat yang cukup sederhana.

Kekurangan dari sumur gali :
1.diameter dari sumur gali yang lebih besar ini banyak memakan banyak ruang.
2.untuk biaya perawatan juga lebih mahal.
secara umum,untuk penempatan mesin pompa pada sumur gali di letakkan di dalam sumur,untuk biaya perawatan atau servis pompa air akan lebih mahal karena sumur gali resiko lebih besar dari sumur bor, karena harus masuk lubang sumur untuk memperbaiki pompa tersebut.
3.sumur gali mudah sekali tercemar limbah pabrik,limbah rumah tangga dll.
diameter dari sumur gali ini lebih besar dan dinding sumur yang terpotong- potong dapat mudah sekali tercemar dengan limbah atau saptic tank , jarak pembuatan sumur gali antara saptic tank di usahakan minimal 10 meter, kalau cukup cukup dekat sumur akan tercemar.
Kekurangan dan kelebihan pada sumur bor yang mungkun anda akan buat nanti.
kelebihan dari sumur bor :
1.pembuatan sumur yang relatif lebih cepat.
kadalaman yang kita kehendaki pada sumur ini lebih mudah, apalagi pembuatanya menggunakan alat yang lebih modern, lebih mudah untuk membuatnya sumurnya.
2.pada sumur ini tidak memakan banyak tempat seperti pada sumur galian, sumur bor yang berdiameter lebih kecil ini dapat di tempatkan di manapun cukup mudah, biasanya jenis sumur ini sangat cocok di banyak pemukiman padat.
3.tidak mudah tercemar.
sumur bor di buat dengan menggunakan pipa galvanis atau juga dapat menggunakan pipa pvc, dengan di sambung dengan rapat secara teknis tidak ada lubang di atas ,dan sekrin lubang sumur debit air ada di bawah, sumur ini jarang sekali tercemar dengan limbah apapun.

Kekurangan Dari Sumur Bor :
1.biaya yang lebih mahal
jasa pembuatan sumur bor ini yang diameternya lebih kecil dari pada sumur gali ini membutuhkan volume debit air yang cukup untuk memenuhi air di rumah anda, secara ekonomis biaya lebih mahal karena pembuatanya juga harus lebih dalam.
2.menggunakan mesin pompa yang lebih mahal.
penggunaan mesin pompa air pada sumur bor penempatan mesin pompa berada di atas sumur dan secara otomatis menggunakan mesin pompa yang berkapasitas besar atau menggunakan pompa yang berjenis jet pump atau menggunakan submersible pump ke dua mesin pompa ini juga lebih mahal dari pada mesin pompa air biasa.
sekian uraian kelebihan dan kekurangan sumur bor dan sumur gali dari kami sebagai salah satu jasa sumur bor untuk anda yang ingin membuat sumur, semoga anda dapat memilih dengan tepat sumur mana yang akan anda pergunakan nanti sumur bor atau sumur gali.

0 Response to "pilih sumur bor atau sumur gali ?"

Posting Komentar